Kamis, 23 Mei 2013

KENAPA KITA HARUS KONSUMSI KOPI ???



KOPI atau dalam bahasa latinnya RUBECAE merupakan minuman favorit bagi kebanyakan orang di Indonesia. Mulai dari warung kopi pinggir jalan hingga di hotel hotel berbintang lima menyediakan minuman yang memiliki aroma dan rasa yang khas ini harus di akui begitu nikmat dan memiliki kemampuan yang menggoda. Kandungan kafein dalam kopi dipercaya bisa membangkitkan kesegaran dan kebugaran bahkan dapat memicu adrenalin. Namun di pihak lain masih banyak juga orang  yang takut bahkan tak mau minum kopi dengan alasan merugikan kesehatan.

Kontoversi tersebut hingga saat ini masih jadi hal yang sangat sering dijumpai dalam masyarakat kita. Berbagai penelitian terus dilakukan untuk mengetahui khasiat dan manfaat kopi bagi tubuh sebagai usaha untuk menjawab kontroversi tersebut. Sebagai salah satu pengekspor kopi utama di dunia, kopi dari Indonesia terkenal bermutu tinggi. Ditambah alasan lain dibawah ini, sayang rasanya jika harus melewatkan secangkir kopi.

1.                  Melawan kegemukan
Menurut penelitian yang dilakukan tim dari Harvard Scool Of Public Health, Boston , AS menyebutkan bahwa orang yang sering minum kopi diketahui berat badannya lebih stabil selama 12 tahun dibandingkan dengan orang yang berhenti minum kopi.

2.                  Menambah semangat
Minum kopi disela waktu bekerja ternyata bisa membantu kita tetap bugar dan berkonsentrasi. Penelitian menunjukkan atlet yang mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein karbohidrat setelah bersepeda memiliki lebih banyak glikogen ( cadangan energi ) dalam ototnya bila dibandingkan dengan atlet yang tidak mengkonsumsi. Glikogen akan membantu kita lebih cepat dan gesit dalam sesi berikutnya.

3.                  Mencairkan suasana
Harus berurusan sama orang yang sulit diajak bekerjasama ? Ajaklah ia menikmati secangkir kopi. Kafein akan membuat orang lebih terbuka, demikian menurut laporan yang diterbitkan dalam European Journal of Social Psychology. Peneliti mengungkapkan kafein merangsang fungsi kognitif sehingga orang lebih terbuka dan respektif.

4.                 Mengurangi Risiko Penyakit
Resiko kanker hati bisa dihindari menurut penelitian The National of Environmental Medicine di Swedia dengan cara menambah konsumsi kopi Cukup 2 cangkir kopi perhari dan risiko kanker akan berkurang 43%. Study yang lain menunjukkan bahwa wanita yang minum kopi risiko terkena serangan jantung berkurang 24%. Antioksidan yang terdapat dalam kopi diduga melindungi kita dari penyakit-penyakit itu. Sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of Nutrition menyebutkan gadis remaja yang sering minum kopi setiap hari  resiko terkena kanker  payudara berkurang 40%. Kandungan kafein dan polipenhol dalam kopi melindungi tubuh dari kanker payudara.

5.                  Membantu Daya Ingat
Seorang peneliti dari Medikal University of Innsbruck, Austria, menyatakan bahwa kafein bisa mencegah kurangnya daya ingat. Minum secangkir kopi sebelum pertemuan penting dengan klien barangkali layak dicoba agar daya ingat dan otak lebih tajam.

              



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar